Mengenal Jaringan 4G LTE, Ini Kekurangannya

Mengenal Jaringan 4G LTE, Ini Kekurangannya

Jaringan 4G LTE di Indonesia terbaik merupakan dambaan kebanyakan orang.  Bisa dibilang karena jaringan 4G LTE merupakan jaringan generasi terbaru yang diluncurkan khusus dengan kecepatan berkualitas sangat baik dan lebih cepat dibandingkan dengan jaringan-jaringan pendahulunya. Hadirnya jaringan terbaru dengan akses super cepat 4G LTE ini guna menyuguhkan kualitas akses penerimaan data ataupun transfer data yang lebih stabil serta juga pertukaran data yang anti lemot. Di Indonesia sendiri, salah satu provider yang memberikan layanan teknologi jaringan 4G LTE untuk para penggunanya adalah Indosat Ooredoo. Cakupan wilayah akses jaringan 4G LTE di Indonesia pun sudah ada puluhan dan akan terus mengalami peningkatan yang tentu akan menjadikan para pengguna internet di Indonesia semakin mudah mengakses internet.

Kecepatan transfer dari jaringan 4G LTE dapat mencapai lebih dari 100 MegaBit Per Sekon (Mbps). Kecepatan untuk download dari jaringan yang satu ini dapat mencapai 185 Mbps serta upload 41 Mbps. Secara menyeluruh, jaringan arsitektur LTE sendiri tidak jauh berbeda dengan teknologi GSM ataupun UMTS. Secara mendasar, jaringan ini terbagi jadi jaringan radio serta jaringan inti. Kendati begitu, jumlah bagian jaringan logis dikurangi guna merampingkan arsitektur secara keselurahan serta memperkecil biaya dan latensi di dalam jaringan.

Dibalik kelebihan yang banyak dari jaringan 4G LTE, ada pula kekurangannya. Apa saja itu ? Berikut ini kekurangan dari jaringan 4G LTE :

1. Akses internet yang cepat mempengaruhi jumlah dari pemakaian paket data yang juga besar
2. Besarnya paket data tentunya menjadikan biaya pun lebih mahal dibandingkan dengan jaringan-jaringan pendahulunya
3. Jaringan dari perangkat harus diperbarui, maka peralatan baru pun perlu untuk di Install
4. Untuk Jaringan 4G LTE di Indonesia sendiri belum menyeluruh ke semua wilayah
5. LTE memakai Multiple Input Multiple Output yang tentu membutuhkan adanya antena tambahan di pancaran pangkalan jaringan guna transmisi data
6. Sehingga akibatnya, apabila ada pembaruan jaringan, pengguna harus juga memperbarui perangkat supaya bisa melakukan akses dengan dukungan teknologi jaringan 4G LTE
7. Perangkat dan paket data yang mendukung jaringan masih relatif mahal

Share